Teori belajar David Ausubel adalah teori yang membandingkan pembelajaran bermakna dengan pembelajaran menghafal. Untuk pembelajaran yang bermakna, siswa harus menggunakan istilah advanced organizer untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah mereka ketahui.
Pembahasan
Ada dua prinsip untuk “advanced organizer” dari teori belajar David Ausubel:
- Mempresentasikan ide lama dari subjek terlebih dahulu dan kemudian menguraikan bagian atau fungsinya.
- Bahan ajar perlu diintegrasikan melalui perbandingan dengan bahan ajar sebelumnya dan cross check. Referensi antara materi lama dan baru.
Ausubel menolak anggapan bahwa semua kegiatan belajar dengan menemukan adalah bermakna, tetapi kegiatan belajar dengan menerima (dengan penjelasan) adalah kurang bermakna. Kedua kegiatan belajar tersebut saling bergantung. Artinya, belajar untuk menemukan dan menerima pembelajaran keduanya bisa menjadi belajar menghafal atau belajar bermakna.
Pelajari lebih lanjut
Materi tentang teori belajar bermakna dari David Ausubel https://brainly.co.id/tugas/22611900
#BelajarBersamaBrainly
#SPJ4
[answer.2.content]